Wednesday, November 12, 2014

Ingin Jadi Komikus? Ini Tipsnya!

Ingin jadi komikus, bikin komik udah, trus habis ini ngapain dong? Ini yang sering menjadi pertanyaan para komikus pemula. Nih, Papillon punya tipsnya:
  1. Terus bikin komik. Iya jangan bikin selembar trus udah, bikin terus, kembangkan ide. 
  2. Berteman dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia komik, baik itu komikus, penulis, editor, dll. Kalau tidak bisa ketemu langsung untuk memperkenalkan diri paling tidak bisa berteman melalui socmed yang ada seperti Facebook maupun twitter. Punya teman yang sevisi dengan kita akan membuat kita lebih termotivasi,. Dari mereka kita juga bisa mendapatkan ilmu baru dan peluang yang berkaitan dengan dunia komik.
  3. Publish karya kamu! Banyak pilihan untuk mempublish komik kita. Bisa diterbitkan di penerbit major, self publishing, atau indie. Yang paling mudah publish aja dulu via socmed. Baik itu FB pribadimu, Fanpage khusus, devian art, kaskus, atau web seperti ngomik.com. Banyak juga lho, komik yang kemudian ditawari editor terbit major setelah lebih dulu terbit secara online. Komik Mak Irits misalnya.
  4. Gabung di komunitas baik offline maupun online. Dengan tergabung di komunitas kita bisa diskusi banyak hal yang berkaitan dengan komik dan merasa punya temen senasib.
  5. Ikut event yang berkaitan dengan komik. Ini bisa menambah networking loh. Jangan lupa untuk selalu aktif di setiap event yang kamu ikuti.
  6. Ikut lomba komik. Mengikuti lomba komik merupakan salah satu cara menunjukkan karya terbaik kita pada banyak orang. Ya minimal pada para jurilah. Siapa tahu mereka punya project komik yang sesuai dengan style gambar kita. Kalo menang, nah itu bonus!
  7. Berdoa. Setelah melakukan berbagai macam usaha tentu saja kita harus berdoa. Selain berdoa sendri ada baiknya minta doa ortu juga. Ingat ridho orang tua, ridho Alloh.
  8. Istiqomah alias teguh pendirian. Jangan baru sekali ditolak penerbit trus mutung ngga mau ngomik lagi. Usaha terus, doa terus. Kali aja komik kamu ngga berjodoh di satu penerbit tapi berjodoh di penerbit lain. Dan evaluasi juga karya kamu. Bisa minta pendapat teman, pembaca, atau komikus senior.
Good luck ya! (RA)

@papillon_studio

9 comments:

  1. Wah... pengen banget jadi komikus... tapi sayang nggak pandai gambar. :D

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya komikus Indonesia itu kreatif banget, sayang yah? :D

    ReplyDelete
  3. Komikus keren itu sangat perlu untuk di beri anspirasi. :D

    ReplyDelete
  4. Komikus berbakat di Indonesia itu sebenarnya banyak banget, cuma kurang pengarahan aja kalau gue pikir. :p

    ReplyDelete
  5. Dari dulu saya pengen jadi komikus, cuma terhalang peralatan yang mahal aja. :(

    ReplyDelete
  6. wah mantep bener tipsnya gan bisa dicoba nih :D

    ReplyDelete
  7. Komikus itu keren banget, jadi pengen. :D

    ReplyDelete
  8. Dari dulu pengen banget jadi komikus :v
    coba-coba dulu gambar gambar di kertas :D
    Btw makasih tipsnya :v

    ReplyDelete
  9. dua poin terakhir penting banget tuh, minta restu ortu sama trus istiqomah

    ReplyDelete