Saturday, January 10, 2015

[Data&Fakta] Komik Indonesia

Berapa banyak judul komik Indonesia yang kamu tahu? Bandingkan dengan komik Jepang, Amerika, atau Eropa. Saya jujur baru tahu sedikit mungkin sepuluh atau dua puluh. Saya baru baca komik Indonesia juga tahun 2004 setelah kenal sama calon suami (sekarang calonnya udah dihapus :p) yang seorang komikus. Dulu kalo ke persewaan buku mau minjam komik yang dilirik ya komik Jepang mulu.

Ternyata komik Indonesia itu ada banyak lho, RIBUAN!! (data dari komik yang dipublish di ngomik.com). Jauh banget jumlahnya dari yang saya ketahui ya. Kenapa komik dari negara lain justru lebih populer bahkan di negara kita sendiri?

Data tentang komik Indonesia di ngomik


Yuk support komik Indonesia. Siapa lagi yang mau memajukan komik Indonesia kalau bukan dimulai dari kita sendiri? Ngga harus juga dengan membeli semua komik Indonesia. Ya paling ngga tahu dulu lah komik Indonesia itu emang ada dan jumlahnya buanyak. Tapi kalo emang bisa beli sih lebih baik lagi yaa hehehe.

Soal kualitas, monggo baca sendiri. Sekarang udah ada web yang memungkinkan kita baca komik GRATIS. Namanya ngomik.com. Ngga perlu ngemper lagi di depan rak buku Gramedia hehehe.

Jadi ngga ada alasan lagi untuk ngga membaca komik Indonesia. Kan katanya tak kenal maka tak sayang. Kalo belum baca teasernya mungkin ya ngga tertarik buat beli. Wajar :) Saya punya mimpi suatu saat industri komik di sini bisa kayak di Jepang. Komik Indonesia bisa diterjemahkan ke berbagai bahasa dan dinikmati oleh orang seluruh dunia. Aamiin.

 ‪#‎SupportKomikIndonesia‬

@rahmiaziza, penulis freelancer Papillon Studio, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie

4 comments:

  1. wah, saya juga pecinta komik tapi komik Doraemon hihi ikiutan ah #supportkomikindonesia :D www.novawijaya.com

    ReplyDelete
  2. wah saya ga update nih sama komik indonesia...
    tp pasti ikut support dong ;)

    ReplyDelete
  3. Kya, Grey and Jingga masuk nih :D suka dengan alur komik Grey and Jingga. Kisah mahasiswa yang gag muluk-muluk :D

    ReplyDelete
  4. Emang komik buatan indonesia sebenarnya tidak kalah dengan komik jepang ya? :)

    ReplyDelete