Friday, October 28, 2016

Workshop Membuat Komik Bersama Papillon Studio

Halo, Papillon Studio baru saja ngadain workshop membuat komik loh. Tepatnya tanggal 17-22 Oktober kemarin,bertempat di gedung Pramuka lt.4. Dengan tema acara Pelatihan Industri Telematika bidang Komik Digital, workshop membuat komik kali ini bekerjasama dengan DiNPERINDAG Jateng.

Kegiatan seperti ini bisa dibilang termasuk langka di kota Semarang. Kenapa? Karena dalam workshop kemarin, para peserta bisa mempelajari tahap-tahap membuat komik secara lengkap dalam satu paket pelatihan/workshop. Mulai dari mengolah ide, merancang karakter, membuat cerita pada karakter,mewarnai secara digital hingga selesai menjadi komik. Bahkan, ini merupakan workshop terlama yang pernah diikuti oleh Tim Papillon Studio

Di hari pertama, sebagai pemateri adalah Hanri. Ia menjelaskan tentang membuat komik secara umum,yaitu bagaimana bertutur/ bercerita menggunakan media komik. Sebagai contohnya yaitu karakter Mada yang saat ini sedang dikembangkan  oleh Papillon Studio. Komik Mada yang sedang digarap Papillon Studio ini terbit secara online di Webtoon . Selain itu komik stripnya juga tayang di Facebook Mada Comic dan Instagram @MADACOMIC

Kemudian di hari kedua ada Alfa Robbi yang mengisi tentang materi tentang cara merancang karakter/tokoh komik. Alfa juga memberikan demo menggunakan pen tablet untuk mendesain karakter secara digital. Para peserta pun bisa langsung praktek juga. Nah,khusus untuk acara workshop kemarin, masing-masing peserta mendapatkan pinjaman pen tablet intuos secara gratis.
Tak lupa juga, peserta pun mulai merancang tokohnya masing-masing untuk nantinya dibuat komik. Dan di akhir waktu sesi membuat desain karakter, beberapa peserta  juga mendapat kesempatan untuk presentasi desain karakternya.

Selanjutnya, pada hari ke-3 ada Anang Setyawan yang hadir untuk mengisi materi tentang pewarnaan digital.Oh ya, pewarnaan digital di Papillon Studio telah di kategorikan menjadi 3 jenis yaitu underline shading, underline painting, dan overpaint. Sedangkan materi yang disampaikan oleh Anang adalah underline shading. Ia juga memberikan teknik-teknik pewarnaan flat sebagai bagian dari langkah-langkah untuk mewarnai gambar ilustrasi karakter, komik, dan lain-lain.

Kemudian pada hari ke-4,  Hanri kembali menjadi pemateri hingga hari terakhir.Menurut ketua Papillon studio tersebut, para peserta terlihat sangat senang  dan bersemangat mengikuti workshop. Meskipun pesertanya berbeda umur dan jenjang pendidikan, namun antusias mereka sama-sama tinggi. Peserta termudanya adalah siswa SMP, namun ada juga yang SMA hingga mahasiswa DKV.

Sebagai praktisi dalam bidang ilustrasi komik, Hanri berharap kegiatan ini tidak berhenti di acara workshop saja. Namun setelah workshop para peserta dapat saling tetap berteman dan menjalin persaudaraan. Caranya dengan membuat komunitas baru. Komunitas yang memiliki semangat untuk bersama mengembangkan dan mendukung komik-komik lokal sebagai gerakan untuk menuju industri kreatif di Indonesia.