Tuesday, January 24, 2017

Papillon Studio-Make Over Kampung Kauman Semarang

Pada tanggal 16 january kemarin, Papillon Studio berkerja sama dengan Universitas Diponegoro Semarang di percaya untuk me-make over kampung kauman yang terletak di dekat Masjid Agung Kauman, Johar, Semarang.

Dengan tema kauman kampung Qur'an team mempunyai ide untuk memberi sentuhan URBAN ART, sehingga kami mempunyai tujuan kampung kauman bisa menjadi tujuan wisata urban yang bisa di nikmati seni nya tetapi juga masih ada sentuhan syar'i Islam nya.

Kampung Kauman memang kental dengan nuansa religius keislamannya, karena dekat juga dengan pasar johar, dan masjid agung kauman banyak juga pedagang mulai dari penjual parfum, Al'quran, peci, sarung,siwak, dan lain-lain. 


Untuk memulai project ini, kita bekerja sama dengan artist mural lain yang mana akan kita sebutkan siapa dan apa karya yang mereka buat di project Make over kampung kauman ini. kita melakukan briefing sebelum hari H untuk menentukan konsep apa yang di inginkan setiap artist untuk selanjutnya akan mereka buat mural nya. Okey, kita ikuti step dari hari per hari nya, ceck it out!




Day 1, 16 januari 2017

Spot yang akan di gambar mural disini ada 4 spot, yang pertama di mushola roudhlotul quran.

 

Dan artist yang mengerjakan mural di spot ini bernama Ulil, dia juga salah satu talent dari Papillon Studio. Spot kedua ada di penginapan bersebelahan dengan mushola.

 

Di spot ini Hanri, direktur Papillon juga ikut membantu walaupun sebenarnya beliau hanya ingin ikut-ikut saja dan tidak wajib untuk ikut membuat, hehe.

 

Di spot 3 berada di sebelah sisi dari penginapan, dan karena spot yang panjang maka di bagi untuk 2 artist. Guruh dan Agus Swodshit adalah 2 yang mengerjakan spot disini. Pengerjaan mural di mulai dari jam 10 pagi sampai selesai. Bahkan pengerjaan mural ini menyita perhatian dari anak-anak dan penduduk sekitar, dan sangat menyuport kita.
kita lanjut aja ke hari ke 2 untuk melihat proses lanjutnya!

Day 2, 17 januari 2017

Di hari ke dua ini proses pengerjaan masing-masing artist mencapai tahap 20%.

 



Day 3, 18 januari 2017

  
 

di hari ke 3 ini artist yang sudah menyeleseikan muralnya yaitu si Guruh, dengan gambar yang bisa kita lihat seperti kyai berbaju hijau yang sedang bertasbih.

Day 4, 19 januari 2017

Di hari ke 4 ini, para artist sudah selesai dengan masing-masing muralnya sendiri. Berikut penampakannya!

 
 

Yep, sekitar 4 hari kita me make over kampung kauman, semoga tujuan kita tercapai untuk menjadikan kauman sebagai wisata urban, bertema kampung Qur'an. Bahkan baru-baru ini kami juga melakukan briefing kembali untuk melanjutkan project ini lho!
Terimakasih untuk Universitas Diponegoro Semarang, dan juga warga kampung kauman yang mensuport (dan anak-anak kecil yang ngeriwuh'in).

4 comments: