Monday, December 03, 2018

Wow! Ada Nissa Sabyan di Komik ‘Petak Umpet’ Papillon Studio?


Siapa sih yang nggak kenal dengan Nissa Sabyan? Yup, hampir semua orang, terutama kaum millenial, mengenal gadis berjilbab ini. Setidaknya mereka mengenal Nissa melalui kanal youtube, media sosial maupun berita hiburan di televisi. Namanya melambung sejak menjadi vokalis grup musik gambus Sabyan, beberapa tahun belakangan.

instagram.com/nissa_sabyan

Jamak orang mengagumi gadis bernama asli Khoirunnisa ini karena memang selain berparas ayu, Nissa juga memiliki talenta bersuara merdu. Simak saja lagu-lagu religi yang dibawakannya bersama grup musik gambus Sabyan. Di tangan Nissa, lagu berbahasa arab seperti Deen Assalam, Ya Jamalu, Ya Maulana, Ya Habibal Qolbi, Ya Asyiqol Musthofa, dan sebagainya menjadi hits dan viral di media sosial.

Lalu bagaimana ceritanya si Nissa Sabyan ini bisa muncul di salah satu panel komik kompilasi Nightmare line Webtoon berjudul Petak Umpet besutan Papillon Studio? Usut punya usut, ternyata nama Nissa Sabyan bisa muncul di Line Webtoon Petak Umpet tak lain karena banyaknya komentar dari pembaca di webtoon yang mengira bahwa si pengarang cerita Petak Umpet mirip dengan Nissa Sabyan.


Wajah si pengarang yang mirip dengan Nissa Sabyan itu adalah Dewanti Oihuw. Gambar gadis berjilbab dan berkacamata ini memang terpasang di panel terakhir komik Petak Umpet. “Mantap, komikusnya di panel terakhir ku kira Kak Nissa Sabyan,” begitu tulis Aznil Rifiandolfiki, salah satu pembaca webtoon yang kolom komentarnya diberi label Best.


Ternyata bukan hanya Aznil Rifiandolfiki yang berpikiran si Dewanti Oihuw ini mirip dengan Nissa Sabyan. Ada puluhan komentar yang mampir di beranda bawah webtoon Petak Umpet yang mengungkapkan hal senada. Berikut ini beberapa komentar tersebut:

Ernest: “Kukira ku melihat Nissa Sabyan atau emang beneran Nissa Sabyan?”

Rizki_NF: “Gua kira authornya Nissa Sabyan, pas di panel akhir, terus bakal ada intro hmmmm. hmmm. Hmmmmm.”

Sya: “Duh terakhirnya bikin seneng bukan serem, elok sangat.”

Muhammad Ahlun III: “Pas liat yang terakhir malah liat yang bening.”

Sulis: “Yang buat ceritanya cakep² semua tapi kok sadis² semua ya buat ceritanya.”

Teamsetan: “Pacarku di panel akhir.”

Oci Fahrurrozy: “Ok fix gw suka ama yg di slide terakhir.”

Aku Tak Tauu: “Gw malah kaget pas liat foto paling bawah tapi cantik pisan yg ngarang ceritane.”

TukangBatagor: “Aku syok panel terakhir ada bidadari.”

Faddley_Q: “Lebih kaget panel terakhir...kirain serem ternyata kawaii.”

horror movie: “Pengarangnya cantik,, salam sama penggagas cerita horrornya... sumpah ceritanya keren dan menarik.”


Lalu bagaimanakah sosok Dewanti Oihuw ini? Tidak banyak orang yang tahu tentang sosok Dewanti ini. Ada orang yang beranggapan bahwa Dewanti adalah salah satu bagian dari kru Papillon Studio. Namun faktanya Dewanti bukanlah kru Papillon Studio. Yang Paps tahu, Dewanti ini adalah salah satu pembaca komik di webtoon sekaligus salah satu pemenang sayembara komik kompilasi Nightmare yang diselenggarakan oleh editor Webtoon.

Komik Petak Umpet merupakan karya kolaborasi antara Dewanti yang memberikan ide cerita atau kisah, dengan Papillon Studio sebagai pihak webtoonist resmi yang membuat artwotk komik tersebut. Dari ribuan cerita horor yang mampir di meja editor Webtoon, akhirnya Paps memilih Petak Umpet untuk dibuatkan komik. Paps memilih Petak Umpet karena kisah yang dibuat oleh Dewanti ini simpel, unsur horrornya dapet banget, dan langsung ngena.

Buat Papillonia yang masih penasaran dengan komik kolaborasi ini, yuk langsung klik saja komik webtoon Petak Umpet. Jangan lupa like, komen dan share, ya.