Tuesday, December 03, 2019

Cerita di Balik Logo Mak Irits


Beberapa bulan yang lalu salah satu intelectual property (IP) milik Papillon Studio Semarang, yaitu Emak Irits berganti logo. Emang kenapa sih kok ganti logo segala? Mau tahu kenapa? Inilah 5 fakta kenapa Emak Irits kudu ganti logo.


1. Dulu Mak Irits tanpa logo

Jadi dulu itu sebetulnya Mak Irits sama sekali nggak punya logo. Penulisan Mak Irits sendiri awalnya hanya tertera pada buku Mak Irits yang diproduksi oleh penerbit. Kata “Mak” berwarna putih dan “Irits” berwarna kuning dengan shadow warna merah muda itu awalnya tertera di buku. Jadi desain tulisan tersebut adalah karangan penerbit, bukan dari Papillon Studio sebagai pencipta resmi karakter Mak Irits. Logo buatan penerbit itu juga terpakai dalam webtoon Mak Irits.

2. Energi baru

Tak pelak lagi sih, salah satu hal yang paling melatar belakangi mengapa Mak Irits butuh logo baru adalah karena adanya transformasi baru pada IP Mak Irits. Dan salah satu simbol garda depan untuk mengenalkan energi baru tersebut kepada publik adalah dengan mengubah logo Mak Irits.

3. Ada 18 desain

Khusus untuk projek ganti logo ini, mulanya tercipta 18 desain logo baru. Semua logo tersebut dibuat oleh Creative Director Papillon Studio, Alfa Robbi. Logonya warna-warni. Tapi ada tiga warna dominasi, yaitu merah muda, kuning dan biru. Para awak studio dan anak magang studio kemudian voting memilih satu logo yang mereka sukai. Dari 18 desain tadi akhirnya mengerucut menjadi 12 logo saja. Ke-12 logo tadi kemudian divoting lagi. Kali ini melibatkan ratusan Iriters (penggemar komik Mak Irits) dan menghasilkan 4 logo terpopuler. Setelah mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya diputuskanlah 1 logo resmi Mak Irits yang dibuat oleh Papillon Studio Semarang.

4. Makna warna logo

Ada tiga elemen dalam logo Mak Irits, yakni putih, kuning dan merah muda. Putih berarti polos dan tulus. Kuning melambangkan hemat, irit dan kehati-hatian. Sedangkan merah muda adalah representasi dari sifat dasar perempuan yang lembut.

5.  Identitas

Selain warna, bentuk logo juga harus menjadi representasi Mak Irits. Maka kalau Anda memperhatikan lebih rinci, titik pada huruf “i” pada kata Irits bentuknya menyerupai kepala Mak Irits. Ciri khas kepala Mak Irits adalah terdapat rambut yang digelung ke atas.


No comments:

Post a Comment