Wednesday, January 22, 2020

Inilah Fungsi Titik Putih Dots Metric pada Pen Tablet

Pernah kepikiran nggak sih, sebenarnya apa sih fungsi dari titik-titik putih (yang disebut dot metric) ada pada papan tablet? Produsen pen tablet tentunya punya pemikiran tersendiri kenapa titik-titik atau dots tersebut disematkan pada tablet.




Satu-satunya pen tablet yang menyematkan dots tersebut adalah merek Wacom. Selain yang display tablet atau Wacom menyebutnya seri Cintiq, hampir semua produk Wacom baik itu seri CTL dan Intuos, semua disematkan dots tersebut.


Nah di artikel ini, akan kami bahas tentang apa saja fungsi dari titik putih dot metric pen tablet tersebut.

1. Penggaris

Fungsi pertama dari dots tersebut adalah sebagai penggaris. Fitur satu ini akan sangat membantu sekali bagi Anda yang tergolong masih newbie di dunia ilustrasi digital. Mungkin saja Anda bisa dengan gampang membuat garis lurus dengan penggaris. Tapi hasilnya belum tentu bagus ketika Anda membuat garis lurus dengan pen tablet.



Ketika membuat garis lurus dengan pen tablet, tentu mata Anda akan tertuju pada layar monitor. Bukan pada tangan Anda. Bila Anda merasa belum mahir membuat garis lurus atau kurva dengan bentuk dan ukuran tertentu, maka fasilitas dots tadi sangat membantu Anda.

Anda tinggal menarik garis lurus dari satu titik ke titik yang lain sesuai dengan panjang garis yang Anda inginkan. Tak masalah bila mata Anda tidak memandang ke layar monitor untuk mengetahui apakah garis yang Anda buat sudah lurus atau belum. Hanya dengan melihat dan menghubungkan satu titik dengan titik yang lain, maka akan terbentuk sebuah garis atau dimensi garis seperti yang Anda inginkan. 

2. Sebagai pembuat dimensi

Titik-titik pada papan tablet juga berfungsi penunjuk untuk membuat dimensi. Jadi ketika Anda ingin membuat sebuah ilustrasi sebuah ruang, maka Anda dapat memanfaatkan titik-titik itu sebagai penunjuk pembentuk dimensi.




3. Pembuat denah

Titik-titik pada tablet juga berfungsi sebagai pembuat denah. Misalnya ketika Anda membuat ilustrasi sebuah bangunan atau sebuah peta dengan keakuratan yang tinggi, maka Anda dapat memanfaatkan dots tersebut untuk mewakili jarak tertentu. Contoh untuk satu garis lurus dari satu titik ke titik yang lain mewakili jarak 1 meter atau satuan ukuran jarak lainnya.


Nah, sampai sini sudah cukup jelas kan, kenapa ada dots metric pada tablet? Semoga bermanfaat ya..

No comments:

Post a Comment