Monday, January 20, 2020

Step by Step Cara Mewarnai Background di Kelas Digital Painting



Papillon Studio Semarang kembali dipercaya untuk mengampu kelas digital coloring atau pewarnaan pada ilustrasi digital di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Semarang, Senin, 20 Januari 2020. Workshop kali ini merupakan workshop lanjutan dari workshop sebelumnya dengan tema yang sama. Workshop dibimbing langsung oleh CEO Papillon Studio Semarang, Mas Burhan Arif. 



Pelatihan mewarnai kali ini dihadiri oleh lebih dari 15 peserta. Rata-rata adalah pelajar dari SMKN 11 Semarang, SMKN 4 Semarang dan SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Sisanya adalah para freelance illustrator dari Semarang. 

Seperti biasa, peralatan wajib yang harus dibawa saat workshop adalah laptop dan pen tablet. Sebelum materi dimulai, kedua alat tersebut harus terpasang agar tidak ada peserta yang nantinya ketinggalan materi. Peserta yang tidak kebagian meja terpaksa harus memangku laptop dan pen tabletnya. 


Mas Han kemudian memberikan file untuk disalin di laptop masing-masing peserta. File tersebut berisi sebuah gambar background yang nantinya akan digarap atau diwarnai bersama-sama. Background itu berupa rumah desa lengkap dengan lanskap pegunungan dan sawah di belakangnya. 


Langkah pertama adalah membuat bentuk atau shape dari ilustrasi yang akan dibuat. Para peserta diminta untuk membuat beberapa thumbnail sebagaimana contoh yang diberikan oleh Mas Han. 

Setelah membentuk objek, langkah selanjutnya adalah membuat value background (nilai). Para peserta harus membuat skala warna dari 0-10. Skala ini penting untuk membedakan warna satu dengan yang lain dengan parameter angka. 



Begitu skala value selesai, selanjutnya para peserta diajak untuk mulai mewarnai. Sebagaimana urutan tadi, maka pewarnaan harus berdasarkan skala value. 

Dan langkah terakhir adalah membuat tepian (edge) warna. Tepian ini bertujuan untuk membedakan antara satu warna dengan warna lain agar terbentuk sebuah dimensi. 



Salah satu peserta workshop dari SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Alfian, mengaku senang mengikuti workshop. Ia mengaku mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan dalam dunia ilustrasi digital.

No comments:

Post a Comment