Monday, February 10, 2020

Menerbitkan Komik Karya Anak di Komik Next G Muffin Graphics

"Anak saya suka gambar. Sering iseng bikin-bikin cerita komik. Enaknya gimana ya untuk mengembangkan bakatnya?"

Cukup banyak pertanyaan seperti ini datang kepada kami. Sebagai orang tua sudah semestinya dong peka melihat bakat dan minat anak. Sedari kecil sangat baik jika bisa mengarahan mereka sesuai passion.

Muffin Graphics menerbitkan komik anak-anak

Kalau anak Anda suka menggambar komik, teruslah berlatih dan.. kenapa tidak coba diterbitkan?

Lho memang bisa? Bukannya di Line Webtoon syarat minimal usia komikus 14 tahun. Anak saya ini usianya masih di bawah 14 tahun. Lagipula gambarnya yaa masih seadanya gitu sih. Belum rapi-rapi amat kaya komikus profesional.

Baca juga: Lomba Komik Berhadiah 500 juta!

Bisa kok! Penerbit Muffin Graphics (PT Cerita Anak Bangsa) mempunyai lini khusus menerbitkan komik karya anak-anak usia 8-14 tahun, yaitu komik Next G.

Bagaimana Cara Menerbitkan Komik Karya Anak di Komik Next G?

  1. Buat cerita sebanyak 4-6 halaman menggunakan kertas A4. Boleh tulis tangan, boleh juga ketik komputer ya.
  2. Gambarin komiknya berdasar cerita yang dibuat sebanyak 2 halaman, menggunakan kertas A4
  3. Mengisi formulir asli yang ada di bagian belakang buku Next-G. Komik Next_G bisa kamu dapatkan di toko-toko buku besar seperti Gramdia, Gunung Agung, atau toko buku online.

Nah 3 persyaratan itu kirimkan ke:
Penerbit Muffin Graphics
Jalan Cinembo No.137 Cisaranten Wetan, Ujungberung

Bagaimana Kriteria Gambar Komik Yang Diterima Muffin Graphics?

Apakah harus bagus layaknya komikus profesional? Oh, ternyata tidak. Yang paling penting, gambarnya harus komunikatif, bercerita, dan bisa ditangkap oleh semua orang. Begitu yang disampaikan pendiri Muffin Graphics, Roni Amdani, yang kami kutip dari tulisan Bai Ramdhani di Kompasiana.

Yang kanan komik asli karya anak, yang kiri sudah dirapikan ilustrator profesional

Nantinya komik bikinan anak-anak ini, akan digambar ulang oleh komikus profesional, dan biasanya ceritanya juga akan disempurnakan. Komik asli yang digambar oleh anak-anak juga akan ditampilkan di buku yang diterbitkan lho.


Jika naskah dan komik anak diterima untuk diterbitkan, maka pihak Muffin Graphics akan menghubungi pengirim naskah. Jika dalam 6 bukan belum ada kabar, kemungkinan besar naskah ditolak, bisa menghubungi Muffin Graphics untuk memastikan ya. Naskah yang ditolak bisa didandani lagi dan coba kirimkan ke penerbit lainnya lho. 

Selamat mencoba dan semoga beruntung :)





No comments:

Post a Comment