Tuesday, September 08, 2020

KOMIK JALAN HIJRAH PARA RIBAVORA, KARYA DONI KUDJO

Hai Papillonia, sudah tau siapa Doni Kudjo? Nama ilustrator ini sudah tidak asing bagi para penikmat komik Indonesia. Pesan-pesan islami yang disampaikan melalui karakter Kudjo serta komik yang dibuatnya mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pembacanya.

Jalan Hijrah Para Ribavora adalah salah satu komik Indonesia dengan tema Islami yang dibuat oleh Doni Kudjo berkolaborasi dengan beberapa orang penulis, diantaranya ada Squ yang merupakan creator komik Pengen Jadi Baik. Penasaran bagaimana isi bukunya? Nah, sekarang mimin akan bahas review komik Jalan Hijrah Para Ribavora dalam postingan ini.




Ada 23 cerita dalam komik ini yang diceritakan berdasar kisah nyata penulis ataupun orang di sekitar penulis berkaitan dengan hutang riba. Dalam salah satu penggalan cerita yang ditulis oleh Nur Komalasari dengan judul Musang Berbulu Domba, mengandung pesan untuk sebisa mungkin menjauhi kartu kredit.



Penggalan komik tersebut mengisahkan tentang seorang PNS biasa dengan THP (Take Home Pay) yang terbilang cukup. Yang kemudian mengikuti jejak senior yang sebelumnya untuk mengikuti bisnis MLM. Kala itu ia memerlukan uang tambahan untuk kebutuhan resepsi pernikahan sekaligus modal usaha. Selain itu juga digunakan untuk membantu orang tua mengganti sertifikat tanah menjadi SHM. 



Suatu waktu, ia memutuskan untuk berhenti menjalankan MLM tersebut dan beralih ke bisnis jual beli HP yang membutuhkan dana cukup besar. Kemudian ia memutuskan untuk membuat kartu kredit. Saat itu ia berhasil memperoleh pinjaman dengan jumlah besar dari tujuh belas kartu kredit. Hingga pada suatu waktu bisnisnya mampet..pet..pet karena angsuran para pembelinya juga macet. Bunga kartu kredit meraksasa dan membelitnya, dan riba telah menjeratnya. Akhirnya, ia memutuskan untuk berhijrah dan menjauhi kartu kredit.


Begitu bermanfaatnya buku ini untuk mengingatkan kita mengenai bahayanya riba. Bukan hanya menjelaskan mengenai bahaya riba, komik ini juga memberikan solusi bagi orang-orang yang sudah terlanjur terjerat oleh hutang atau riba, bagaimana hasil dari ikhlas dan sabar, adanya angel investor, serta cerita menarik lainnya.

Untuk yang belum memiliki buku komik islami ini, anda bisa membelinya langsung ke studio papillon di Ruko Klipang Golf Semarang atau beli online di Shopee Papillon_komik. Selain jual komik Islami, papillon studio juga jual pen tablet dan jual pen display merk wacom dan huion.

Penulis: Meta Hadiani

No comments:

Post a Comment