Tuesday, September 29, 2020

REVIEW PEN DISPLAY WACOM CINTIQ ONE

Halo Papillonia, udah sering kan baca tulisan MinPaps tentang pen tablet maupun pen display di blog ini. Tapi, kamu udah tau belum perbedaan pen tablet dan pen display?

Pada umumnya, perbedaan pen tablet dan pen display adalah teknik menggambarnya. Untuk pen display, kamu bisa langsung menggambar di layar tablet, sedangkan pen tablet hanya digunakan untuk media pengganti mouse dan hanya dapat melihat hasil gambar di layar laptop atau pc.

Sekarang mimin bakal bahas tentang review pen display Wacom Cintiq One.
1. Kualitas Layar
    
Pen display ini memiliki lebar layar 13,3 inch, resolusi layar sebesar 1920 x 1080 pixel, full HD, dan contrast ratio 1000:1. Dengan spesifikasi layar tersebut, sudah cukup mumpuni bagi kamu para ilustrator atau desainer grafis yang ingin menggunakan pen display sebagai media menggambar atau mendesain. 
Permukaan layarnya matte, halus, dan hampir menyerupai kertas. Hal itu memungkinkan kamu untuk menggambar dengan lebih presisi. 


2. Performa Pena

Wacom Cintiq One memiliki pen pressure 4096. Ini merupakan perbedaan cukup jauh dari pen tablet lain yang memiliki pen pressure yang sudah mencapai sekitar 8000 sekian. Namun hal itu tidak menghalangi kamu dalam membuat goresan yang halus dan nyaman.

Pena ini lebih besar dari pena biasa. Lebih panjang juga, tapi tidak terlalu panjang. Namun pena ini sangat ringan untuk digunakan. Tidak perlu mengganti nib seperti pen tablet wacom. Hanya perlu menginstall driver ke laptop atau pc dan pena dapat langsung digunakan.


3. Android Compability

Ini adalah salah satu keunggulan wacom cintiq one. Kita bisa menyambungkan android ke pen display langsung. Dengan demikian, kamu bisa melihat warnanya langsung di handphone kamu bila ingin mengunggah gambar ke media sosial. Tidak perlu mengulang gambar atau merevisi warna lagi seperti saat memindahkan gambar dari laptop ke handphone langsung yang memiliki kemungkinan perbedaan warna yang cukup berbeda.


4. Alat Penyangga Tablet

Keunggulan lain dari pen display ini adalah penyangga yang berapa di belakang tablet dan kamu tidak harus membelinya sendiri.


Dibalik kelebihan pen display ini, pasti ada kekurangannya. Selain pen pressure yang berada di bawah pen display lain, wacom juga memiliki kelemahan pada layar yang tidak memiliki tombol shortcut. Jadi perlu ada tambahan keyboard untuk membuat shortcut. Hal ini tentu tidak masalah bagi kamu yang tidak terbiasa dengan shortcut pada tablet, tapi sangat berpengaruh bagi kamu yang sudah terbiasa dengan tombol shortcut yang berada pada tablet langsung.

Tapi wacom juga menyediakan solusinya. Kamu bisa menambah Wacom ExpressKey Remote yang dijual terpisah dengan pen display ini.


Sedangkan terkait dengan android compability, wacom cintiq one ini hanya compatible dengan versi tertentu saja.

Tertarik untuk membeli pen display ini? 

Papillon Store jual pen display, pen tablet, serta aksesorisnya. Kamu bisa langsung mengunjungi toko kami langsung di Jl. Klipang Raya, Ruko Klipang Golf View, blok B no. 3B, Tembalang, Semarang.
Atau mengunjungi toko online papillon store di Shopee dan Tokopedia.



Ditulis oleh: Meta Hadiani

No comments:

Post a Comment