Wednesday, October 14, 2020

KOMIK INDEPENDEN PAPILLON STUDIO

Hai papillonia, udah tau belum apa itu komik independen?

Minpaps kali ini bakal bahas salah satu komik independen karya papillon nih. 

Buat kalian yang belum tau, komik independen adalah komik yang dibuat oleh individu/kelompok, dicetak oleh individu/kelompok itu sendiri, dan dipublikasi oleh individu/kelompok itu juga. Jadi komik independen ini tidak mengikutsertakan penerbit maupun publisher.

Nah, komik independen yang bakal minpaps bahas disini adalah komik KOMET Vol.1. Komet adalah komik lokal karya papillon studio yang digarap oleh artis papillon studio, dicetak oleh papillon studio pada bulan Agustus 2003, dan dipublikasi oleh papillon studio sendiri. 

Dalam komik ini berisi beberapa judul komik, yaitu Pirates Love, Cahyo's Angel, BENDE, dan Ultra Chicken (rise of the chicken).

Baca juga: Review Komik Azan Terakhir Bilal bin Rabah

1. Pirates Love

Pirates love merupakan komik yang bercerita tentang pemuda yang bernama Elang. Elang adalah bajak laut yang tampan dan gagah berani. Banyak gadis yang suka padanya, namun Elang belum menemukan wanita yang pas untuk menjadi pasangannya. Suatu hari, dia merasa amat tertekan dan memutuskan untuk menemui Mbah Roso, seorang psikiater yang arif dan bijaksana. - bersambung -

Komik ini belum mempunyai akhir kisah yang jelas, mungkin akan ada komik selanjutnya? kita tunggu saja ya...

2. Cahyo's Angel

Komik ini menceritakan tentang 3 orang wanita yang menjadi mata-mata. Mereka bernama Surti Liu, Cameron Dian, dan Drew Meisaroh. Sedangkan Cahyo adalah bos mereka. Dalam komik ini, 3 mata-mata tersebut mendapat tugas untuk menyelidiki beberapa anak SMU 300 yang sering bolos sekolah di jam 9 pagi. Satelah diselidiki, ternyata anak-anak itu sedang menggoreng pisang untuk dititipkan ke kantin setiap jam istirahat. Anak-anak itu malu jika ketahuan oleh temannya, maka dari itu mereka memutuskan untuk bolos sekolah jam 9 pagi

Baca juga: Komik Pengen Jadi Baik

3. BENDE

Bende adalah alat musik jawa. Pada komik ini, bende dijadikan media yang menyimpan roh halus. Suatu hari, sosok roh wanita keluar dari bende milik Ratri yang bertuliskan angka 5 aksara jawa. Roh ini merupakan utusan laut roh mutiara hijau yang bertugas mengumpulkan benda-benda beraksara jawa dan mencari air kehidupan. Komik ini sama seperti Pirates Love, belum ada akhir kisah yang jelas.

4. Ultra Chicken (rise of the chickens)

Berbeda dengan ketiga komik di atas, komik ini menjadikan karakter ayam sebagai karakter utama. Pada awalnya, komik ini menceritakan tentang nasib ayam yang selalu dijadikan ayam potong. Suatu ketika, munculah Ultra Chicken yang menjadi pahlawan para ayam. Dia muncul untuk merubah nasib ayam yang terus tertindas.

Begitulah kisah dari 4 komik KOMET. Cerita dan gambar dibuat oleh orang yang berbeda, maka dari itu konsep dan alur cerita juga berbeda pada setiap komiknya.

Baca juga: Review Pen Display Wacom Cintiq One

Oh iya komik KOMET ini sempat kami terbitkan beberapa episode di line Webtoon lho, tapi bukan episode yang direview di blogpost ini. Baca yaa dari pada penasaran. Ini link komik komet di Line Webtoon.

Komik Lokal Dulu dan Sekarang

Kalo melihat wujud dari komik indie Komet ini, mungkin kamu akan mengernyitkan dahi, kok fotokopian. Iyes, jaman tahun 2000 awal, memang komik lokal banyak yang terbit independen dalam bentuk fotokopian. Alasan paling utama ya karena dana terbatas. Di samping itu bisa dibilang komik lokal masih berupaya mendapatkan tempat di hati pembaca. Penerbit yang mau menerbitkan belum banyak, jadi belum terlalu berkembang seperti saat ini.

Lalu bagaimana dengan sekarang? Saat ini sudah banyak komik lokal yang terbit baik melalui jalur mayor publish maupun indie. Bahkan ada beberapa teman yang lantas membuat penerbitan sendiri. Penjualan komiknya biasanya tidak masuk ke toko buku mainstream. Misalnya komik Real Friends karya Tony Trax yang hanya bisa kamu dapatkan melalui reseller, salah satunya di Papillon Komik Shop.

Papillon Komik Shop jual komik Islami di Semarang. Kamu bisa datang langsung ke toko kami di Klipang Golf atau bisa juga beli komik islami melalui online shop.

Selain itu, buat kamu yang hobi gambar dan pengen belajar gambar digital, papillon store juga jual pen tablet dan jual pen display.

Penulis: Meta Hadiani


No comments:

Post a Comment