MANFAAT BUKU KOMIK BAGI ANAK

Hai papillonia, setelah sebelumnya minpaps mereview komik anak islami dan komik karya papillon, sekarang minpaps mau berbagi nih soal manfaat buku komik bagi anak.

Apa aja sih manfaat buku komik bagi anak?

1. Membuat Anak Lebih Senang Membaca

Salah satu manfaat terbaik dari buku komik adalah lebih menarik dan lebih mudah dibaca dibandingkan dengan buku formal tanpa gambar. Gambar yang ada pada buku membuat anak lebih tertarik untuk membacanya. Dengan gambar, anak bisa membayangkan bagaimana karakter dari tokoh, ekspresi, situasi, dan adegan yang diperankan oleh tokoh.

Komik Azan Terakhir Bilal bin Rabah

2. Meningkatkan Kreativitas

Dengan membaca teks serta melihat gambar pada komik, otomatis anak akan secara kreatif membayangkan adegan dan ekspresi dari tokoh. Mengikuti alur cerita dan kemudian menyimpulkan bagaimana cerita itu secara garis besar. Disitulah kreativitas anak akan meningkat. Dia dapat menceritakan kembali cerita dari komik yang telah dibaca.

Baca juga: Komik Azan Terakhir Bilal bin Rabah

3. Bagus Untuk Media Belajar Penyandang Autisme dan Disleksia

Dikutip dari situs collagebasics.com, komik merupakan salah satu media belajar yang cocok untuk penyandang autis dan disleksia. Kenapa? Karena komik memiliki gambar yang membuat penyandang disleksia merasa frustasi saat membaca buku. Mereka akan lebih percaya diri untuk banyak membaca buku. Dengan demikian, mereka akan mempelajari banyak hal melalui buku yang dia baca. Lalu bagaimana dengan penyandang autis? Sama dengan anak disleksia, anak penyandang autis juga lebih nyaman untuk membaca buku bergambar. Dengan membaca buku bergambar, mereka dapat membayangkan emosi yang digambarkan.

Komik Passion (komik online)

4. Menambah kosakata anak

Dengan membaca komik, anak dapat memahami kata-kata baru dengan melihat gambar yang ada. Anak akan menggabungkan apa yang dia lihat di gambar dengan dialog dari komik. 

5. Media Belajar Yang Mudah Dipahami

Tidak hanya berupa cerita fiksi, komik juga memiliki genre yang variatif. Komik komedi, drama, sci-fi, bahkan komik edukasi juga ada. Contoh komik edukasi adalah komik mengenai sejarah, satwa liar, alam, dan lain sebagainya. Jadi komik ini bukan hanya sekedar media hiburan, tapi juga pembelajaran dengan cara yang fun. Banyak yang mengaku lebih mudah memahami pembelajaran jika disajikan dalam bentuk komik.

Komik Sing Bahu Rekso (Webtoon)

Papillon studio sudah lama berada di dunia perkomikan. Banyak juga komik cetak yang sudah diterbitakan. Bahkan komik papillon sudah go international. Salah satu komik papillon yang di publish ke luar negeri adalah komik Monster Island, terbitan Hyperchild Workshop di tahun 2009.

Saat ini papillon menjual buku komik anak islami karya comic artis ternama Indonesia. Anda dapat membelinya dengan langsung mengunjungi studio papillon di Klipang, Semarang, atau membeli secara online di papillon komik shop.

Selain menjual komik, papillon juga jual pen tablet murah dan pen display merek wacom maupun huion yang bisa dibeli langsung di Toko Pen Tablet Semarang Papillon Store atau dapat membeli secara online di papillon store Shopee dan Tokopedia.

Penulis: Meta Hadiani

MANFAAT BUKU KOMIK BAGI ANAK MANFAAT BUKU KOMIK BAGI ANAK Reviewed by papillon on Tuesday, November 10, 2020 Rating: 5

No comments