DARI MANA KATA CHIBI BERASAL?


Hai papillonia, kalian pecinta anime dan manga pasti tidak asing dengan istilah chibi. Karakter yang imut dan lucu ini memang memiliki penggemar tersendiri ya. Tapi apakah kalian tau dari mana kata chibi berasal? Sekarang minpaps bakal bahas asal muasal kata chibi hingga cara menggambar chibi.

Image from Papillon Studio

Chibi adalah bahasa gaul Jepang yang berarti "kecil" atau "pendek. Kata chibi berakar dari kobun, atau bahasa Jepang klasik. Kata benda kobun tsubi (粒 つ び), yang berarti "benda kecil, bulat", akhirnya berkembang menjadi kata kerja tsubu (禿 つ ぶ), yang menggambarkan sesuatu menjadi aus atau ujung yang tajam membulat. Pembacaan tsubu akhirnya berubah menjadi chibiru (禿 ち び る). Akhirnya, kata chibiru menjadi usang dan digantikan oleh kata sifat chibi (ち び) yang berarti versi lebih kecil dari figur aslinya.


Mak Irits versi Chibi

Pada anime dan manga, karakter dengan kepala besar dan tubuh kecil membentuk bagian ilustrasi yang dikenal sebagai "Super Deformed" (SD) atau "chibi." Dalam bahasa Jepang, karakter ini juga bisa disebut chibi kyara (チ ビ キ ャ ラ) atau mini kyara (ミ ニ キ ャ ラ). Karakter Chibi atau Super Deformed kebanyakan digunakan untuk menggambarkan versi kekanak-kanakan dari karakter populer, atau untuk memainkan adegan lucu.

Bagaimana cara menggambar chibi? Menurut Gen Sato, animator veteran Jepang dan penulis How To Draw MANGA - Super-Deformed Characters, karakter chibi harus memiliki rasio dari kepala hingga badan antara 1: 1 dan 4: 1. Jadi kepalanya tidak harus lebih besar dari badannya, tapi bisa jauh lebih besar. Selain itu, bagian mata juga dibuat lebih besar dari figur aslinya.

Awalnya, karakter chibi hanya digunakan untuk anime dan manga. Namun seiring berjalannya waktu, karakter chibi juga diterapkan untuk mainan. Salah satu mainan yang mengadaptasi bentuk chibi adalah Gundam. 

Image from Ryanraphel

Menjelang tahun 80-an, popularitas bergeser dari fiksi ilmiah ke komedi dan fantasi. Ini tidak bagus untuk perusahaan mainan yang cukup nyaman membuat robot dan kendaraan. Syukurlah, anugrah datang ke BANDAI dari seorang siswa muda bernama Koji Yokoi.

Yokoi mengirimkan karya penggemar ke majalah penggemar resmi BANDAI Gundam Mokei Jouhou. Karya yang dibuat Yokoi terinspirasi dari mini-Godzilla dan mini-Ultraman yang digambar Akira Toriyama di Dr. Slump. Para editor majalah sangat menyukai ilustrasinya, bahkan editor membuat manga di majalah dengan karakter desain dari Yokoi.

Gundam mungil ini menarik perhatian departemen mainan BANDAI pada tahun 1984, dan Yokoi diundang untuk merancang mainan kapsul chibi Gundam dalam sebuah seri yang disebut SD Gundam World. Meski tidak semua orang BANDAI mendukung proyek ini, antusiasme masyarakatlah yang menang. Pada tahun 1985, rangkaian mainan gashapon SD Gundam World diluncurkan. Tentu saja, itu sukses besar dan mempopulerkan konsep chibi di luar dunia otaku.

Sekarang coba deh Papillonia latihan menggambar chibi yuk! Ikutin step by stepnya ya...



Selain membuat karakter di atas, kalian juga bisa menggambar karakter lainnya. Mungkin karakter komik Mak Irits atau Sing Bahu Rekso. Bisa dengan alat gambar konvensional ataupun alat gambar digital (pen tablet atau pen display). Memperbanyak latihan akan membuat kualitas karya kamu semakin baik. Semangat berkarya! :)

Penulis: Meta Hadiani



DARI MANA KATA CHIBI BERASAL? DARI MANA KATA CHIBI BERASAL? Reviewed by papillon on Monday, December 21, 2020 Rating: 5

No comments