HYBRID WORKING DI TAHUN 2021

Hai papillonia, di tahun 2020 kemarin memang agak beda dengan tahun-tahun sebelumnya ya?

Sejak adanya pandemi, kita dihadapkan dengan cara kerja jarak jauh atau yang biasa disebut dengan bekerja di rumah (remote working). Namun menjelang akhir tahun 2020, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan karyawan bekerja di kantor seperti biasanya dan ada juga yang memberi kebijakan untuk hybrid working. Eits, sebentar...apa sih hybrid working itu?

Biar kalian ngga penasaran, kali ini minpaps bakal bahas tentang cara bekerja hybrid di tahun 2021.





Apa Itu Bekerja Hybrid (Hybrid Working)

Cara bekerja hybrid adalah cara bekerja yang dibagi antara kerja jarak jauh (di rumah) dengan bekerja di kantor. Cara bekerja seperti ini menuntut kita untuk memiliki teknologi yang memadai dan koneksi internet yang cenderung stabil. Hal itu dikarenakan dalam sistem kerja hybrid, meeting, presentasi kerja, serta menjalin komunikasi dengan rekan kerja dilakukan melalui aplikasi (Google Meet, Zoom, WhatsApp, Telegram, dan lain sebagainya).

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Membuat Komik


Hal Positif  Bekerja Hybrid

Ada beberapa manfaat dari sistem kerja ini. Dalam penelitian di Cisco, sampai saat ini terdapat 77% organisasi besar akan meningkatkan fleksibilitas kerja, sementara 53% akan memperkecil ukuran kantor. Dengan mengurangi jumlah karyawan yang bekerja di kantor, perusahaan tentu juga diuntungkan dalam segi keuangan. Sedangkan para pekerja diuntungkan dari segi waktu. Waktu yang sehari-hari mereka gunakan untuk berangkat ke kantor, istirahat kantor, dan pulang dari kantor dapat mereka manfaatkan untuk hal lain. Katakanlah 3 jam untuk melakukan itu semua. Dalam waktu 3 jam, mereka bisa meluangkan waktunya untuk bercengkrama dengan keluarga, istirahat sebentar untuk menonton tv, atau melakukan hobi seperti baca komik, berkebun, atau mencoba resep masakan baru.




Kekurangan Bekerja Hybrid

Normalnya, setiap hal yang memiliki kelebihan, pasti memiliki kekurangan juga. Bagi beberapa perusahaan, cara bekerja seperti ini membuat beberapa pekerja kurang produktif. Belum tentu semua pekerja memiliki ruang tersendiri untuk bekerja. Beberapa orang yang bekerja di rumah cenderung terdistraksi dengan lingkungan sekitar.

Seperti gambar di atas, beberapa dari kalian pasti memiliki pengalaman WFH (work from home) seperti itu. Dalam penelitian di Cisco, sekitar 98% karyawan yang bekerja di rumah mengalami frustasi dengan video meeting. Beberapa dari mereka terkendala oleh audio yang kurang jelas, koneksi internet yang kurang stabil, laptop yang kelelahan, dan beberapa kendala lain.

Baca juga: Cara Bikin Karakter Komik yang Mudah Diingat


Alternatif Solusi Menangani Masalah Bekerja Hybrid

Ada beberapa solusi untuk cara bekerja hybrid ini. Saat bekerja di rumah, pastikan anda berada pada tempat yang nyaman dan terhindar dari gangguan lingkungan sekitar seperti keluarga atau bahkan hewan peliharaan. Sebelum bekerja, beri tahu anggota keluarga bahwa anda sedang berada pada jam kerja. Sedangkan bagi perusahaan, bisa menyediakan software yang dapat digunakan karyawan untuk lebih nyaman bekerja bersama, bukan hanya video tatap muka, aplikasi yang dapat digunakan untuk presentasi dan memungkinkan karyawan lain untuk ikut serta dalam mengedit atau memberikan ilustrasi dari saran atau kritik mereka merupakan hal yang perlu dipertimbangkan.

Saat bekerja di kantor (WFO), harus dipastikan kantor dalam kondisi bersih. Ada pembatasan jumlah orang dalam satu ruangan. Misalnya biasanya dalam satu ruangan terdapat 6 orang yang duduk bersebelahan, dikurangi menjadi 3-4 orang yang duduk dengan jarak kurang lebih 1 meter. Selain itu, perusahaan juga harus menyediakan hand sanitizer untuk para karyawan.

Pandemi memang berpengaruh cukup besar pada kebiasaan kita sehari-hari. Tergantung bagaimana kita menyikapi dan mengambil sisi positif dari keadaan ini kan? 

Kalau belum bisa keluar rumah untuk refreshing, ya refreshing aja di rumah, baca komik lucu atau komik anak islami supaya wawasan keagamaan kita juga ikut bertambah.

Menekuni hobi dari rumah aja juga menyenangkan kok. Misalnya yang hobi menggambar, diseriusin lagi aja. Tonton tutorial gambar dan cara bikin komik dari youtube. Coba-coba bikin komik sendiri dan unggah di platform digital. Kalau butuh alat gambar digital, belinya di Papillon Pen Tablet Store ya, papillon store jual pen tablet murah dengan merk Wacom dan Huion Semarang.


Penulis: Meta Hadiani
HYBRID WORKING DI TAHUN 2021 HYBRID WORKING DI TAHUN 2021 Reviewed by papillon on Monday, January 04, 2021 Rating: 5

No comments