MENGENAL TEKNIK PEWARNAAN CEL SHADE

Hai papillonia, kalian tentu sudah tidak asing dengan anime Naruto, One Piece, atau Detective Conan. Anime tersebut dibuat dengan teknik animasi 2D atau dalam bahasa Indonesia disebut animasi dua dimensi. Tapi, apakah kalian tau teknik pewarnaan yang digunakan dalam pembuatan anime Jepang?



Anime biasanya menggunakan teknik pewarnaan yang disebut cel shade. Menurut artikel yang minpaps baca di okuha.com, cel shade adalah gaya seni rendering non-fotorealistik yang dirancang untuk membuat grafik komputer 3D atau karya seni terlihat tiga dimensi dengan menciptakan warna datar di atas warna dasar, membuat objek terlihat tiga dimensi tapi tetap mempertahankan efek 2D.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Menggambar Komik


Teknik ini berasal dari media hubs yang populer di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang. Namun pelopor gaya pewarnaan ini tentunya dari fim anime yang dibuat di Jepang. Pasalnya, banyak film anime yang didesain dengan teknik pewarnaan tersebut. Tren ini memang membutuhkan waktu untuk menjadi populer. Tetapi seiring berjalannya abad ke-21, media hub lain seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan ikut terlibat.



Nama cel shade berasal dari jenis bahan yang digambarnya, yaitu seluloid. Seluloid adalah media gambar untuk teknik gambar tradisional di Jepang. Seluloid ini secara tradisional digunakan untuk melukis dalam karya seni 2D, dan nama cel shading berasal dari pemendekan namanya. Jadi, meskipun ada beberapa orang yang menyebut teknik ini dengan nama cell shade, sebenarnya bukan seperti itu, tidak ada huruf "l" kedua pada kata cel shade. Nama tersebut memberi penghormatan kepada perajin kartun asli sejak dulu. Terutama para perajin anime.

Baca juga: Tutorial Painting Komik Mada

Saat ini, teknik cel shade tidak hanya digunakan untuk anime. Banyak video game juga menggunakan teknik ini. Game pertama yang menggunakan cel shading sebagai gaya seni adalah Jet Set Radio, dan game tersebut dirilis pada awal tahun 2000-an oleh Dreamcast.

Image from https://www.emuparadise.me/

Ini adalah langkah berani yang dilakukan oleh para desainer game. Tetapi trennya pasti bertahan hingga saat ini, dan banyak perusahaan mengikutinya. Game lain yang juga menggunakan teknik ini adalah Dragon Ball FighterZ, Gran Blue Fantasy:Versus, Guilty Gear Series, The Legend of Zelda: Wind Walker, Mad World, dan Bastion.

Oke, cukup sekian penjelasan minpaps soal gambar digital dengan teknik cel shade. Untuk yang ingin menekuni digital coloring, tentu perlu peralatan gambar ya. Peralatan gambar digital bisa menggunakan pen tablet maupun pen display. Kalau mau alat gambar digital harga murah bisa pakai pen tablet. Harga pen tablet di Papillon Pen Tablet Store ada yang harganya 400 ribu-an lho. Cara instalasi pen tablet mudah, ukurannya kecil, asik dibawa ke mana-mana.

Tapi, kalau kamu mau yang lebih nyaman, gunakan pen display. Dengan pen display, gambar langsung muncul di layar tablet, jadi terasa lebih real kaya gambar manual di atas kertas. Pen display Huion Kamvas 13 dan Wacom One Cintiq merupakan pen display best seller di Papillon Pen Tablet Store.

Kalian bisa coba teknik cel shade ini untuk gambar ilustrasi yang kalian buat. Terus berkarya dan tingkatkan skill kalian ya...


Penulis: Meta Hadiani


MENGENAL TEKNIK PEWARNAAN CEL SHADE MENGENAL TEKNIK PEWARNAAN CEL SHADE Reviewed by alfa robbi on Monday, January 11, 2021 Rating: 5

No comments