5 TIPS TINGKATKAN SKILL GAMBAR DIGITAL


Hai papillonia, sebagai seniman digital, kamu harus terus banyak belajar untuk menghindari stagnasi dan tertinggal oleh seniman digital lainnya. Kamu harus terus-menerus mendorong dan mengembangkan keterampilanmu.

Bukan hanya tentang mempelajari teknik perangkat lunak baru atau memiliki alat gambar digital terbaik. Melainkan tentang menyegarkan dan menyempurnakan keterampilan yang membantu kamu menciptakan karya yang brilian, apa pun media yang kamu gunakan.

Kali ini minpaps bakal kasih 5 tips untuk tingkatkan skill gambar digital kamu.

1. Membuat gambar sketsa secara teratur / konsisten

Membuat sketsa adalah cara penting untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan. Baik menggunakan cara manual maupun digital, kamu perlu secara konsisten membuat sketsa.


Membuat sketsa secara teratur juga dapat membantu kamu menemukan konsep dan ide yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan dengan cara lain. Kamu bisa menggambar sketsa-sketsa acak yang muncul dalam pikiranmu. Mengakses bagian imajinasi memungkinkan kamu memunculkan ide-ide yang tidak biasa, yang nantinya dapat kamu gabungkan ke dalam ilustrasi yang akan kamu buat atau yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa melihat berbagai referensi gambar, melihat tips sketsa untuk pemula, atau menonton film / anime kesukaan untuk memunculkan imajinasi kamu.

Selain itu, belajar menggunakan pen tablet dan pen display untuk menggambar juga perlu bagi pengguna pen tablet pemula. Dengan membuat sketsa, kamu akan terbiasa menggambar menggunakan pen tablet Wacom atau pen display Huion yang kamu miliki.


2. Pelajari gambar tokoh / figure drawing

Gambar tokoh merupakan gambar akurat dari bentuk dan postur dari suatu tokoh. Tokoh yang dimaksud di sini bisa manusia, hewan, atau robot.

Ada 3 tahap melatih kemampuan ini, yaitu amati, proses, dan terapkan. Langkah awal adalah mengamati bentuk, postur, anatomi, gestur, proporsi, juga bagian-bagian yang ada pada objek. Setelah itu, apa yang kamu amati akan terakam dalam ingatan dan menjadi asetmu untuk membuat gambar. Dan terakhir adalah menerapkan apa yang sudah kamu amati dan kamu ingat ke dalam sebuah gambar tokoh / figure drawing.

Dengan terus melatih kemampuan figure drawing, kamu bisa meningkatkan kemampuan "menangkap" objek dan gestur yang ditampilkan oleh objek gambar. Sehingga kamu bisa dengan mudahnya menggambar suatu objek tanpa harus meniru gambar orang lain.

3. Kembangkan keterampilan gambar karakter

Setelah kamu memahami tokoh / figure drawing, selanjutnya adalah mengembangkan gambar karakter. Setelah terbiasa dengan melatih bentuk dan postur, saatnya kami mengembangkan kreativitas kamu dalam menggambar karakter.

Kamu bisa memulainya dengan membuat satu karakter lebih dulu. Setelah itu, buat alternatif bentuk mata, rambut, bahkan pakaian juga. Kamu perlu banyak melihat gambar karakter dari beberapa orang di sini.

Setelah menemukan satu karakter, buat gambar menjadi beberapa pose. Tampak depan, samping, serong kanan, serong kiri, dan belakang. Selain itu buat juga dalam berbagai pose.



4. Belajar perspektif

Perspektif merupakan keterampilan penting untuk belajar tentang arsitektural, lingkungan dan banyak hal lainnya. Pengetahuan perspektif memberikan kita cara untuk menciptakan dan membangun unsur-unsur dan objek, serta menempatkan mereka dalam bidang gambar dengan benar. Perspektif bergantung pada garis horizon (atau kadang-kadang disebut garis tingkat mata) untuk menemukan apa yang disebut Vanishing Point atau titik hilang di mana garis perspektif kita akan berasal.

Kamu bisa melatih kemampuan perspektif dengan cara mengamati lingkungan sekitar, membaca buku komik, melihat banyak referensi gambar, menonton video tutorial membuat perspektif, atau membuat garis semu pada gambar yang ada di sekitarmu.

5. Pahami komposisi gambar

Komposisi merupakan aspek terpenting dari sebuah gambar. Dengan komposisi yang tepat, akan menuntun audience merasakan dan menerima pesan yang ingin kita sampaikan.
Ada banyak sekali komposisi gambar di luar sana. Namun yang minpaps fokuskan di sini hanya 3 komposisi utama yang sering digunakan. Komposisi itu adalah rule of thirds/hukum per tiga bagian, iconic, dan leading the eye. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di carrotacademy.com.


5 TIPS TINGKATKAN SKILL GAMBAR DIGITAL 5 TIPS TINGKATKAN SKILL GAMBAR DIGITAL Reviewed by papillon on Monday, April 19, 2021 Rating: 5

No comments