MENGENAL ANATOMI KOMIK

Hai papillonia, kalau kamu dengar kata anatomi, apa yang muncul dipikiranmu? Mungkin kamu langsung menghubungkan dengan manusia. Memang tidak salah jika anatomi erat hubungannya dengan manusia karena dalam wikipedia menjelaskan anatomi adalah cabang dari biologi yang mempelajari struktur dan organisasi dari bagian tubuh makhluk hidup.

Terus apa hubungannya dengan komik?


Sama dengan manusia, komik juga memiliki struktur atau bagian yang tersusun sehingga menjadi satu kesatuan yang disebut komik. Beberapa orang menyebut struktur komik sebagai anatomi komik. Untuk lebih jelasnya, nih minpaps jelaskan apa itu anatomi komik.


Dari gambar di atas, terdapat komik Sing Bahu Rekso yang terdiri dari beberapa struktur. Apa saja struktur dalam komik? Berikut gambar yang akan menjelaskan struktur atau anatominya.


1. Karakter
Karakter adalah tokoh atau pemeran yang memainkan alur cerita komik agar terasa lebih hidup. Tanpa adanya karakter, tidak akan ada dialog atau cerita yang akhirnya tidak dapat disebut sebagai komik.

2. Latar belakang
Latar belakang merupakan latar, tempat, dan waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Misalnya saja pemandangan pegunungan di pagi hari, perkotaan di malam hari, atau pedesaan di sore hari.

3. Caption
Caption adalah elemen yang digunakan untuk memberi keterangan lokasi atau waktu. Biasanya berada di atas atau bagian bawah panel komik. Bisa dibuat dengan menggunakan bidang persegi panjang, atau tanpa bidang.

4. Parit / Gutter
Parit atau gutter adalah jarak yang tercipta di antara panel-panel dalam komik.

5. Panel / Kolom
Panel merupakan suatu bidang yang menjadi batas sebuah adegan atau peristiwa dalam cerita komik. Panel bida berbentuk persegi, persegi panjang, atau bahkan bentuk trapesium.

6. Balon kata
Balon kata biasanya digunakan untuk berkomunikasi antar para tokoh atau karakter dalam komik. Namun bukan hanya untuk berdialog, balon kota juga digunakan untuk menunjukkan isi hati dan pikiran dari karakter.

7. Halaman
Halaman adalah penomoran yang digunakan untuk menandai suatu halaman komik.

8. Margin
Margin adalah batas aman yang digunakan untuk menandai area komik. Margin biasanya dihitung dari tepi kertas (trim area) sampai ke area gambar (safe area).

9. Efek suara

10. Garis gerak
Garis gerak adalah efek garis yang menunjukkan bahwa karakter sedang bergerak. Biasanya digunakan bila karkater sedang lari, terbang, atau terkejut.

Itulah anatomi komik menurut minpaps, kalau kamu ada tambahan lagi, bisa tulis di komentar ya.

Buat kamu yang hobi baca komik, papillon komik shop jual komik islami yang cocok banget jadi bahan bacaan anak hingga dewasa. Karena semua komik di papillon komik shop adalah komik bertema islami. Bercerita tentang sejarah islam, kisah pahlawan islam, komedi islami, dan hal-hal yang erat dengan kehidupan sehari-hari.





MENGENAL ANATOMI KOMIK MENGENAL ANATOMI KOMIK Reviewed by papillon on Monday, May 31, 2021 Rating: 5

No comments