PROSES PEMBUATAN KOMIK ISLAMI AISHA TOMODACHI

Hai papillonia, tahun 2020 adalah awal yang baru bagi papillon studio. Papillon mulai terjun di dunia komik islami dan mulai berkolaborasi dengan beberapa komikus Indonesia. Buku komik islami pertama papillon adalah komik Imaduddin Zanki yang bekerja sama dengan Sayf Muhammad Isa dan Handri Satria.

Bukan hanya komik cetak, di tahun 2021 papillon juga membuat komik online dengan judul Aisha Tomodachi. Komik yang release di webtoon ini berbeda dengan komik webtoon genre thriller yang sebelumnya digarap oleh papillon, Komik Aisha Tomodachi memiliki genre fantasi dengan tema islami yang aman dibaca anak.



Awal pembuatan komik Aisha adalah mencari ide cerita yang sesuai dengan tema. Perlu banyak membaca komik untuk menemukan ide cerita dan mengetahui alur cerita yang sesuai. Selain itu juga mengamati desain karakter dari beberapa komik.


Setelah mendapat ide cerita, kemudian dibuatlah premis. Premis dalam dunia komik bisa dibilang sebagai inti dari cerita. Premis harus dibuat singkat, jelas, namun harus menarik. Premis biasanya berisi deskripsi karakter, keunikan, masalah yang dihadapi karakter, dan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh karkater yang dibuat.


Selanjutnya adalah membuat judul cerita. Sebenarnya antara judul cerita dan premis bisa bertukar posisi. Maksudnya, bisa menentukan judul terlebih dahulu baru membuat premis, atau sebaliknya.

Langkah berikutnya adalah membuat desain karakter, cerita, story board, pewarnaan, dan terakhir adalah layout. Layout di sini maksudnya adalah penataan letak gambar dan memberi teks atau balon kata pada komik.


Proses pembuatan komik Aisha hingga akhirnya release di webtoon memakan waktu kurang lebih 10 bulan. Perlu beberapa revisi untuk menentukan konsep cerita, judul, dan karakternya.

Untuk judul sendiri, komik Aisha harus merevisinya dari Dr. Tambun dan Aisha menjadi Aisha Tomodachi. Setelah memilih judul yang tepat, perlu membuat beberapa alternatif logo yang nantinya akan dipilih sebagai logo utama.


               

Untuk desain karakter pun demikian, perlu membuat alternatif desain yang nantinya menjadi karakter utama. Setelah itu juga harus dibuat desain dari beberapa angle.

        

Bagi penggemar komik cetak maupun komik digital, dukung terus karya komikus Indonesia ya. Papillon komik shop jual komik islami berbagai genre yang aman dibaca oleh anak. Semua komiknya adalah karya para komikus Indonesia. Mulai dari komik genre komedi, komik genre aksi, komik sejarah islam, komik pahlawan islam, dan lain sebagainya, semua ada di toko komik papillon Semarang.

Kalau kamu ingin belajar membuat komik seperti komik Aisha Tomodachi, kamu perlu memiliki alat yang akan mempermudah kamu dalam menggambar, salah satunya adalah pen tablet. Ada berbagai merk pen teblet yang bisa kamu miliki. Pen tablet wacom atau pen tablet huion semarang. Jika punya budget lebih, kamu juga bisa membeli pen display wacom atau pen display huion Semarang. Dengan pen display, kamu bisa menggambar langsung di layar, tapi tetap perlu koneksi ke komputer atau laptop ya. Kecuali pen display Cintiq 22 inch, pen display ini tidak perlu koneksi ke komputer atau laptop.

PROSES PEMBUATAN KOMIK ISLAMI AISHA TOMODACHI PROSES PEMBUATAN KOMIK ISLAMI AISHA TOMODACHI Reviewed by Meta on Monday, May 03, 2021 Rating: 5

No comments